breaking news New

Cara Membuat Kue Asida (Dodol Ambon)

Asida merupakan makanan khas Ambon yang memiliki cita rasa manis, kenyal dan gurih. Makanan ini memiliki cita rasa manis, kenyal dan gurih. Karena makanan yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, makanan ini juga biasa disebut dengan dodol Ambon. Makanan ini dibuat dengan bahan baku tepung terigu yang diolah bersama gula merah, mentega, bubuk kayu manis, dan kapulaga. Biasanya makanan ini sering disajikan sebagai sarapan dan ditemani dengan teh atau kopi.

Jika kamu ingin mencicipi kue asida ini, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Ambon. Kamu bisa coba membuatnya sediri di rumah. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti resep serta Langkah-langkah pembuatan kue asida khas Ambon ini.

Bahan-Bahan:
1. 150 gr gula merah, disisir
2. 250 gr tepung terigu
3. 8-10 biji kapulaga, ditumbuk
4. 250 ml air
5. 2 lembar daun pandan
6. Garam, secukupnya
7. 2-3 sdm mentega

Cara Membuat:
1. Siapkan terlebih dahulu panci, lalu tuangkan air di dalamnya. Masukkan juga kapulaga tumbuk, kayu manis, daun pandan, garam, dan gula merah. Panaskan sekitar 3 hingga 5 menit atau sampai airnya mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan mentega lalu aduk sampai mentega cair. Matikan api, kemudian dinginkan.
2. Jika air sudah mendingin, saring supaya terpisah dengan ampasnya. Lalu campur dengan tepung terigu, aduk sampai adonan rata.
3. Siapkan panci yang lainnya, kemudian tuangkan adonan yang sudah dibuat. Masak dengan api kecil, lalu aduk terus agar adonan tidak menjadi gosong. Aduk hingga tekstur dari adonan jadi kental dan seperti dodol. Pakai sendok kayu untuk mengaduk agar lebih mudah.
4. Apabila adonan telah sepenuhnya kental, matikan apinya kemudian sisihkan dahulu supaya mendingin. Lalu, bentuk adonan seperti gunung ataupun mangkok yang terbalik dengan di tengahnya terdapat lubang. Di dalam lubang, tuangkan mentega cair.
5. Kue Asida sudah jadi dan siap untuk dinikmati.